Kamis, 20 Agustus 2015

KARNAVAL DI NABIRE



Karnaval merupakan pertunjukan berjalan dan umumnya dilakukan di jalan raya dengan melibatkan kalayak banyak, baik yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan.

Di Nabire, umumnya karnaval dilaksanakan sehari setelah HUT RI atau tepatnya tanggal 18 agustus, dengan diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA, SMK, Universitas, Tentara, Polisi, Instansi Pemerintah baik Otonom maupun vertical serta sanggar, kompleks, suku/etnik, bengkel dan toko.

Pada karnaval sendiri banyak hal yang dipertunjukan dari masing-masing kontestan mewakili instansi atau lembaga baik formal dan nonformal tersebut. Dan hampir terasa komplit jika kita menyaksikan karnaval secara langsung, dimana anak-anak dengan berbagai pakaian profesi yang menggambarkan minat dan cita-cita mereka yang telah diimpikan sejak dini berjalan dengan langka yang gagah dan pasti. Demikian juga adik-adik SMP bahkan SMA dan SMK dengan penuh penghayatan dalam hayalan  menggunakan pakaian profesi dan mungkin merasa bahwa hal itu adalah nyata walau hanya berlangsung dalam satu hari saja, ha ha ha asal tidak dicap gadungan eee..Justkidding…

Instansi pemerintah-pun tidak ketinggalan baik otonom maupun vertical masing-masing bersaing mempertunjukan tugas pokok masing-masing (TUPOKSI) dalam melayani masyarakat, serta target  yang telah dicapai menyangkut bidang tugasnya dan target diwaktu yang akan datang.

Menjadi penonton karnaval sebenarnya sangat asik juga, kita jadi banyak tahu tentang instansi atau bagian-bagian penting penting yang ada di daerah kita, serta melihat  kekompakan peserta yang seakan berpadu menjadi satu.
Ini adalah pesta rakyat yang sebenarnya, semua warga berbaur dan sejenak melupakan rutinitas kesibukan yang mungkin banyak menguras tenaga dan konsentrasi.
Setelah merayakan HUT RI dan mengsyukuri Rahmat Tuhan bagi bangsa Indonesia dalam alam kebebasan yang dinamakan kemerdekaan, kini saatnya kita mengisi kemerdekaan tersebut dengan pengabdian diberbagai sektor profesi yang kita jalani  dengan semboyan KERJA DAN KERJA., itulah makna KARNAVAL sebenarnya menurut saya, bagaimana dengan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar