Rabu, 19 Agustus 2015

YOSPAN



Menjelang 17 Agustus setiap tahunnya di Nabire banyak kegiatan yang laksanakan oleh Panitia HUT RI diantaranya lomba gerak jalan, yospan jalan, lari 10 KM, dayun dan paduan suara serta solo lagu-lagu perjuangan.

Dari beberapa lomba diatas yang banyak menarik minat dan antusias warga Nabire hingga berbondong-bondong datang menyaksikan perlombaan tersebut adalah Yosim Pancar atau yang di singkat Yospan.

Hal ini dapat dimaklumi karena Yospan sendiri adalah merupakan budaya asli Papua dan pertunjukannya di Nabire hampir jarang dilaksanakan, dan hanya dilaksanakan dalam bentuk yospan jalan setahun sekali menjelang HUT kemerdekaan Negara kita.

Yospan saat ini telah berkembang sangat jauh, dari kostum hingga fariasi para penari banyak mengalami modifikasi.
Kostum dengan corak warnah cerah membuat penari yospan kelihatan kren dengan warna-warni aksesorisnya.
Tapi tidak berarti pakaian tradisional ditiadakan, ada beberapa sanggar di Nabire yang tetap mempertahankan corak atau busana radisional bagi para penarinya, mungkin saja mereka bermaksud untuk menjega serta melestarikan budaya Papua yang sebenarnya.

Yospan sendiri merupakan tarian pergaulan atau persahabatan antara muda-mudi sebagai ungkapan rasa suka dan sayang yang di kemas melalui lagu dan tarian.
Sekalipun yospan merupakan tarian bagi muda-mudi namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang telah berkeluarga untuk tidak bergabung, namanya juga hobi dan seni sehingga siapa saja dapat terlibat didalamnya.
Harapan kami semoga tarian yosim pancar ini dapat dilestarikan keberadaannya di Papua, jangan hanya dilaksanakan setahun sekali seperti menjelang HUT RI tapi Pemda Provinsi serta Kabupaten dan Kota di Papua dan Papua Barat menprogramkan agar pelaksanaan perlombaan bagi warga di Papua paling tidak tiga kali dalam setahun, agar tarian khas kami orang Papua tidak hilang atau dilupakan begitu saja, bahkan dilestarikan buat anak cucu kita di waktu mendatang.

                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar