Sabtu, 26 September 2015

BENDUNGAN KALI BUMI SP1 KAMPUNG BUMI RAYA DISTRIK NABIRE BARAT



 Bendungan yang satu ini letaknya di Kampung Bumi Raya (SP1) Distrik Nabire Barat, Nabire-Papua.
Pembuatan bendungan ini dimaksudkan untuk mengairi persawaan warga di sekitar SP1, SP2 dan SP3 yang merupakan perkampungan warga dan umumnya adalah transmigrasi dari tanah Jawa.

Pembuataannya bukan tanpa tujuan, yakni agar Nabire menjadi lumbung padi nasional saat itu, umumnya tanah di wilayah SP1,SP2 dan SP3 Distrik Nabire barat sangat subur dan sangat cocok untuk di jadikan lahan pertanian dan bercocok tanam.

Bendungan ini masuk dalam aset Pemerintah Provinsi Papua karena keberadaannya merupakan proyek yang di biayai oleh dana APBN melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementrian Pekerjaan Umum dan di kerjakan oleh Dinas PU Provinsi Papua Tahun 1996 dengan menghabiskan biaya Rp.138 miliar rupiah.

Bendungan ini juga merupakan tempat yang menarik untuk di kunjungi ketika berada di Nabire, baik buat rekreasi atau sekedar melepas jalan-jalan. Dari Kampung Bumi Raya (SP1) waktu tempuh sekitar 25 menit dengan kecepatan 30km/Jam serta melewati persawaan dan kebun sayur milik warga, dan jalan yang berlikuk-likuk mengikuti sisi bendungan membuat suasana semakin asik. Karena jauh dari kota dan hirup pikuk kebisingan serta suasana nuansa khas perkampungan dan hutan alam tropis Papua membuat bendungan tidak kalah menarik dengan tempat lainnya di Nabire untuk di kunjungi.

Memasuki areal induk bendungan kita akan melihat betapa luar biasanya air yang di bendung dan di bagi untuk mengairi persawaan dan sebagian besar lainnya di buang mengikuti aliran kali bumi. Suara beriak dan uap yang air yang berterbangan menambah keindahan bendungan SP1 Kali Bumi ini, siapa saja yang melihat pasti akan terkagum dengannya. Wooo..
Sejenak menengok ke sisi atas bendungan terlihat dengan jelas pemandangan laksana danau yang terjadi akibat dari di bendungnya kali Bumi ini, biasanya ada perahu yang di gunakan warga untuk memancing dan juga memasang jaring buat menangkap ikan, atau lebih tepatnya di sebut danau mini, ha ha menurut versi sendiri!

Beberapa warga juga terlihat memancing di areal bendungan, konon kata mereka bahwa terdapat banyak ikan di bendungan ini seperti ikan somasi kali, mas dan gabus bahkan juga belut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar