Selasa, 22 September 2015

PANTAI MAF YANG KINI MENJADI PANTAI NABIRE


Pantai yang satu ini letaknya di dalam kota Nabire tepatnya di Kelurahan Morgo Distrik Nabire dan keberadaannya sangat strategis karena berada di jantung kota Nabire serta berhadapan dengan areal hangar pesawat Maskapai Perintis milik Misionaris (MAF/Mission Aviation Fellowship) dan juga ujung landasan Bandar udara Nabire.

Dahulu orang menyebutnya pantai MAF karena mungkin berada di sekitar lokasi Maskapai MAF dan untuk beberapa dekade nama tersebut sangat familier bagi masyarakat Nabire, bahkan siapa saja yang pernah berkunjung ke Nabire walau untuk waktu yang singkat di jamin pasti akan mengingatnya dengan jelas.

Pantai MAF kini tinggal kenangan, pasalnya sejak di renovasi  tahun 2009 guna mengantisipasi abrasi pantai yang saat itu sangat menghawatirkan di saat musim ombak, karena air laut dapat mancapai jalan raya di sekitar pantai MAF, sehingga di haruskan membuat talut untuk mencegah semakin meluasnya abrasi tersebut.

Tempat yang satu ini telah banyak mengalami perubahan sejak di renovasi, bahkan bagian-bagian yang di anggap memiliki kenangan dan cerita tersendiri bagi beberapa kalangan di tiadakan guna menata ulang dan membuat pantai MAF menjadi pantai yang bagus dan indah serta merupakan tempat  santai dan rileks buat keluarga.
Ironisnya..di samping melakukan renovasi dan penataan ulang, pantai ini juga mengalami perubahan nama menjadi “Pantai Nabire”. Entah ide siapa?, tapi itulah kenyataannya bahwa Pantai MAF kini telah tiada.
Nama Pantai MAF juga mempunyai kenangan tersendiri bagi kalangan tertentu yang menjadi saksi pembangunan di Kabupaten Nabire.

Kini Pantai Nabire semakin bagus dalam penataan dan peruntukannya sebagai tempat rekreasi dan santai buat keluarga. Setiap sore bisa kita jumpai banyak keluarga yang bersantai sambil menikmati indahnya laut serta berbagai jajanan dan juga terdapat wahana bermain bagi anak-anak.

Udarah di sekitar pantai Nabire juga sangat bersih karena posisinya yang langsung berhadapan dengan laut menambah kesempurnaan pantai ini untuk layak di kunjungi oleh siapa saja yang berada dan berkunjung ke Nabire!

Waktu kunjungan terbaik ke pantai ini adalah sore dan malam hari dan akan mengalami puncaknya pada setiap malam minggu.

3 komentar:

  1. Yap pantai Maf tetap melekat walo sudah berganti nama. Setelah diganti jadi agak aneh unk mengucapkannya karena sudah terbiasa dengan sebutan pantai maf

    BalasHapus